Daftar Blog Saya

Senin, 18 Oktober 2010

PENCARIAN ARTI HIDUP

PENCARIAN ARTI SIAPA AKU

Ketika sahabat menggelut selalu dalam pikiran seoarang penulis kota pinggiran tanah siger, seorang staf disebuah lembaga pendidikan hidup dalam kesendirian bertemanan buku-buku serta  kitab suci yang disetiap perjalannnya.
Kisah yang selalu tertulis dalam kehidupan catatan hitam putih seakan tanda perubahan kehidupan yang jembatan manusia. Mungkin tak pernah kita mengerti sifat serta tabiat manusia.terkadang  pada saat mereka kecewa ada yang menanggapi dengan ketenangan bahkan ada juga yang di jadikan objek dendam.
Sekilas menyibak berbagai kisah catatan hitam putih , kejadian yang selalu membuat tubuh i melangkah seperti halnya irama petikan senar kecapi yang lembut memberi getaran  hati yang selalau dijadikan langkah-langkah perubahan. Kadang dalam pikiran apakah benar mereka melakukan itu dengan pikiran yang normal ataukah nafsu ? ya mungkin akan dijadikan sebuah kilasan kisah yang menjadikan itibar hidup ini. Namun sebelum kisah yang begitu banyak dari setip detik cerita manusia yang terlewati. Pantaslah kita menyibak berbagai bentuk keperibadian yang dimiliki manusia, yaitu :
1.      Teori Tempramen
Berkisar kurang lebih 2400 tahun lalau seorang penemu teori temparemen yaitu Hippocrates mengatakan manusia meimiliki 4 kepribadidaan dasar . teori temparemen masih sangat dipergunakan dalam dunia piskologi disebabkan  suatu kepribadianaan juga mampu mempengaruhi suatu gaya kepemipinan seseorang. Ciri-ciri kepribadian tersebuat yaitu Sanguinis, melonkolis, koleris, dan phlegmatis. Di setiap 4 kepribadian tersebut memiliki suatu kelebihan dan kekurangan sehingga dari kelebihan dan kekurangan dari kepribadian tersebut membuat kita dapat hidup lebih baik dengan sikap  mempertahankam kelebihan dan mengubah dari kekurangan tersebut,
a.      SANGUINIS (si popular)
Bagi pemilik karakter ini jika dilihat dari pembawaan luar sangat semangat, ceria, hangat, open, emosional, antusias, ekpresif serta sangat menikmati hidupnya. Namun biasany sanguin lebih cenderung ekstrovert, suka bicara, serta optimis.  Selain sifat hampir sempurna terkadang seorang sanguin juga tampak seakan kanak-kanak, penuh rasa ingin tahu, lugu dan polos dan memiliki hati yang tulus ketika melakukan sesuatu. Sedangkan dalam pengambilan suatu keputusan seorang sanguin lebih menggunakan perasaan dibandingkan dengan pemikirannya. Terkadang dalam diri manusia terdapat rasa sedih dan bahagia,  jika  orang yang memiliki kepribadian ini tak akan pernah berlama-lama dalam kesedihannya dimana tipe kepribadian ini bisa dikatakan sesorang yang mampu menularkan rasa semangat yang dimilikinya terhadap orang lain melalui perkataanya. Dan jika dilihat dari situasi pekerjaan, sanguin merupakan pekerja yang menjalankan tugasnya secara sukarela, kreatif, inovatif, energik, sumber ide, sangat mudah dikagumi lewat kinerja, serta good starter. Namun sanguin memeiliki kekurangan dimana dia tak mampu menyadari disetiap kesalahan yang telah diperbuat dan tidak konsisten dalam melakasanakan pekerjaannya.
Suatu kekurangan yang dimiliki manusia haruslah dengan sekecil mungkin harus di hilangkan, sedangkan kelemahan sanguin dapat diperbaiki dengan cara, sebagai berikut :
a.   Don’t talk too much! Bicara yang singkat jelas dan penting.
b. Belajarlah mendengarkan orang lain
c.   Perlu selalu mencatat hal-hal yang sudah disepakati, karena sering lupa
d.  Hilangkan sifat tidak tertib dan tidak dewasa
e. Jangan menunda-nunda menyelesaikan masalah
b.      MELANKOLIS (si sempurna)
Karakter ini mempunyai pembawaan intovert, analitis, pesimis,serius, tekun, dan berbakat dalam bidang artistik, musikal dan filosofi. Melankolis sangat peka terhadap perasaan orang lain, suka berkorban dan idealis. Dalam bekerja cenderung berorientasi pada jadwal, perfeksionis, gigih, tersistematis, dan selalu mendapat penyelesaian yang kreatif. Jika dilihat secara teliti seorang melonkolis yang memiliki perasaan introvert dalam pekerjaan  namun ketika ia berada dalam puncak sukacitanya dia bisa berubah  menjadi ekstrovert. Sedangkan pribadi yang perfeksionis yang dimilikinya sering membuatnya rendah diri dan menyalahakan dirinya sendiri. Dalam suatu pencarian pekerjaan melankolis lebih tertarik terhadap bidang yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan.
Kesempurnaan hanya dimiliki pencipta, melankolis yang sering dakatakan kepribadian yang sempurna ini juga memiliki suatu kekurangan dan dalam penyelesaian permasalahan tersebut menurut para ahli  dalam pemecahan permasalahan kekurangan yang terdapat dalam kepribadian melankolis adalah sebagai berikiut :
 a.  seseorang yang cederung pemikir, memudahkan stress/tertekan karena itu Jangan pasang muka tertekan di depan orang lain.
b.  Ketika menilai sesuatu jangan dilihat dari sisi buruk saja, lihat juga sisi positifnya
c.   kebiasaann suka menunda-nunda pekejaan hingga hilang kesempatan, bisa diselesaikan dengan cara jangan terlalu lama dalam merencanakan sesuatu.
3.      KORELIS (si kuat)
Pemilik  karakter kepribadian korelis adalah orang-orang yang memiliki kemauan keras dalam pencampain sesuatu dan cenderung berpendirian keras dalam pengambilan keputusan terhadap dirinya sendiri dan orang lain. Disebuah lingkungan karakter ini tak membutuhkan rangsangan namun dia merupakan perangsang dalam lingkungan tersebut melalui ide-idenya yang tak pernah berakhir, rancangan, ambisi serta sasarannya. Dia merupakan tipe orang yang tak mudah menyerah terhadap tekanan yang berasal dari orang lain bahkan tekanan tersebut dijadikan penyemangat bagi dia. Namun sifat ini memiliki jiwa yang kurang simpatik terhadap orang lain dan yang selalu berkembang biasanya tingkat emosi yang tinggi. Namun bukan bertarti dia tidak peka terhap kebutuhan orang lain melainkan dia cenderung dominan serta kepemimpinan yang kuat. Karakter yang di keluarkan kepribadian ini adalah  aktif, optimis dan juga cenderung ekstrovert.
Sifat yang condong ingin segalanya sempurna ini juga memiliki kekuranga serta harus di perbaiiki, dimana sebuah ungkapan mengatakan  Tak ada gading yang tak retak, marilah belajar untuk mengurangi retaknya. Menurut para ahli kekurangan pada korelis dapat diperbaharui  dengan cara sebagai berikut :.
a.      belajarlah untuk relaks, buatlah suasana yang nyaman. Jangan merasa bersalah ketika tidak melakukan apa-apa di waktu senggang.
b.     Jangan terlalu menyepelekan dan memanipulasi orang lain untuk kemauanmu.
c.      Belajarlah untuk sabar, mengurangi sifat menggurui dan sok kuasa
d.     Orang korelis selalu merasa benar, maka terkadang akuilah oranglain ketika memang orang lain benar.
4.      PLEGMATIS (si juru damai)
          Di dalam kehidupan tak ada yang indah tanpa rasa kedamaian didalam hati, seseorang yang memiliki kepribadian plegmatis sifat pendamai muncul secra alami serta berusaha dengan sekuat hati untuk menghindari pertengkaran. Plagmentis biasanya cnderung introvert, pengamat, rendah hati, simpatik,  diam, pesimis,supel, cerdas, konsisten dan juru damai . dibalik pribadinya yang dingin  diringi rasa malu-malu dia memiliki kemampuan merasakan apa yang terkandung dalam emosi seseorang. Benar plegmatis sekilas bawaanya seprti juru damai namun terkadang sebutan tersebut tak sedamai yang tampak dari mata , bahkanplegmatis cennderung menjadi orang yang pasif.
          Dalam permaslahan ini dapat diambil yips atas kekurangangan yang dimiliki oleh plagmetis, seperti berikut :
a.      Bangkitkanlah semangat dari dalam diri sendiri, ubahlah pendapatdiam itu emas.
b.     Harus berani mencoba hal-hal yang baru
c.      Belajarlah menerima tanggung-jawab dan jangan menunda-nundapekerjaan.
d.     Mencoba mengkomunikasikan dan menyampaikan perasaan.
e.     Harus berani untuk mengatakan TIDAK dan belajar untuk membuatkeputusan untuk diri sendiri.
         
          Menurut banyak penelitian tidak ada manusia yang memiliki tempramen murni (sanguinis, melankolis, kolerik, dan phlegmetis) biasanya ada sebuah campuran diantara tempramen sekurang-kurangnya dua kombinasi kepribadian. Terkadang kedua kepribadian teersebut seimbang namun terkadang salah satu lebih dominan sedangkan yang lain lemah, biasnya yang tertampak dalam masyarakat gabungan kedua kepribadian adalah sebagai berikut :
`a.    sanguinis dan koleris
         Dimana dua kepribadian yang ekstrovert , optimis dan terus terang sehingga menghasilkan individu yang energik dimana memiliki daya tarik sehingga walau hanya dengan bicara mereka mampu menyelesaikan pekerjaannya (baik dilasanakan sendiri maupun orang lain).
b.     Phlegmatis dan melankolis
         Kepribdian dianatara keduanya tergabung atas dasar introveret, pesimis, serta kelembutannya. Orang-orang yang memiliki gabungan antara kedua kepribadian ini  ketika melakuakan sesutu  dengan sempurna sesuai waktu yang telah ditentukan serta tak ingin mengambil sikap yang konfrontatif. Tife manusia seprti ini akan selalu tekuras tenaga jika berkaitan dengan urusan orang.
c.      koleris-melankolis dan sanguin –phlegmentis
          baik secara hasil yang baik atau buruk dari penggabungan kepribadian ini disebabkan karena adanya penggabungan optimis dan pesimes, pencinta hura-hura dan tidak suka akan hura-hura, yang suka kehidupan yang supel dan suka  menarik diri. Dan terkadang pemilik penggabungan kepribadian ini biasanya orangnya tak bis ditebak Karena sesuai keadaan serta sering tak adanya keseimbangan pada kepribadiannya.

d.     koleris dan melankolis
         Di antara penggabungan  dua keperibadianini  biasanya akan menimbulkan peraih prestasi yang tertinggi, dimana melakukan sesuatu dengan cepat sert diringi sebuah hasil yang sempurna. Disini kebanyakan orang yang memilki penggabungan keperibadian ini mudah stress ketika melihat seseorang mampu mengerjakan dengan baik dan sempurna. Sesuatu yang ditimbulkan
e.     sanguine dan phlegmatic
         dari penggabungan dua kepribadian dapat kita lihat mereka cenderung dengan ketidak disiplinanya, mudah lupa akan tanggung jawab, tidak ada gairah untuk melakuakan sesuatu, mudah merayu seseoramg melakukan sesuatu untuk dirinya. Jika dilhat dari pergaulannya mereka di suai atas rasa humornya, menerima orang lain dengan apa adanya serta rasa rileksnya dalam menghadapi sesuatu

2.      Enneagrem
         Enneagrem biasa dikatakan gambar yang bertitik Sembilan. Sedangkan enneagrem sendiri telh ada sejak ratusan tahun yang lalu dimana diajarkan oleh para sufi dari timur tengah dan dikembangkan sekitar tahun 1960-an di Amerika Serikat. Didalam ennegram kepribadian manusia terbagi dalam 9 tipe seperti.
a.      Prefeksionis
          kepribadian yang menginginkan segala sesuuatu terjadi dan dilalu dengan sempurna ini terkadang bisa memberikan efek baik dan buruk. Dimana efek yang baik dapat kita lihat orang yang perfeksionis ini nbekerja dengan sepenuih hati, sedangkan keburukan dari sifat ini mudah sekali emosi serta sering egois, jarang sekali percaya terhadap orang lain, sering kecewa, cendserung memaksakan diri didalam pekerjaan yang sebenarnya tidak sanggup dilksanakan.
          Sesuatu keyakinan bahwa seseorang hidup harus sempurna bai dari aspek fisik atau non materi merupak moto kehidupanny.



b.      Penolong
          keperibadian yang tampak seperti tak ingin terliahat seakan membutuhkan melainkan dibutuhkan sedangkan didalam kehidupannya termotivasi atas rasa dicintai, serrta dihargai dan pemilik kepribadian ini mampu mengekspresikan kebaikan terhadap orang lain.
c.      pengejar prestasi
          kata siapa manusia tak ingin mendapatkan suatu prestasi yang tinggi untuk kehidupaan saat ini dan masa depan.  Sedangkan orang yang memiliki kepribadian ini berdasarkan atas kebutuhan akan kehidupan yang produltif dalam meraih kesuksesan dengan harap terhindar dari sebuah kegagalan.
d.      romantis
          tidak semua manusia memiliki kepribadian ini dikarenakan manusia ada yang mampu memamahami suatu kondisi yang ada didepan mata atu tidak. Sedangkan kepribadfian ini didasarkana atas penghidaran atas kesan manusia biasa-biasa saja,  menemukan makna hidup, serta kebutuhan untuk dapat dipahami oranglain dan memahami orang lain.
e.      Pengamat
          sosok orang yang ingin selalu dikagumi dan terkadang tak mengeti apakah ia benar atau salah ini terdapat dalam sisi manusia yang lain.  Kepribadian yang berdasakan atas suatu kebutuhan yang berada dalam alam  terkadang membuat puas dalam diri serta lebih suka menjauhkan diri diiringi tak ingin ada kesan bodoh dalam diri merupan sikap mendasar dari kepribadian seorang pengamat.
f.       Pencemas
          Rasa kehawitaran, gelisah, takut, tidak tentram, panik merupakan suatu ciri orang yang mengalami kecemasan. Tekadang banyak orang tertipu dengan penyakit ini bahkan sering bergonti-ganti dokter untuk penyembuhan penyakit ini bahkan kedukun pun juga dilakoni. Pribadi pencemas merupakan pribadi yang ingin setiap apa yang selalu dilakukanya disetujui, mendapatkan rasa perhatian yang lebih. Para pencemas terkadang lupa bahwa rasa cemasnya itu akan menjadikan dia akan selalu panik serta anxietas.
g.      Petualang
          kepribadian ini di dasari atas keinginan kebahagian diiringi rencana-rencana yang menyenangkan serta sumbangsih terhadap dunia terhindar dari derita dan sukacita.
h.      Pejuang
          Para pejuang memiliki kepribadian yang kuat, mampu memberi pengaruh terhadap masyarakat, terkesan tak lemah, dan selalu menghandalkan diri sendiri.
i.       Pendamai
          para pendamai ini basanya termotivasi atas kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain serta selalu menghindari konflik.
Dari  dua tipe dalam melihat suatu kepribadian manusia kita dapat menegtahui berbagai sifat yang dimiliki seseorang yang ada dalam disamping kita serta kita dapat bersosialisasi dengan mereka dengan baik.

CERITA HITAM PUTIH NYATA DAN TIDAK NYATA
kenapa harus dikatatakan nyata dan tidak nyata , disini penulis menitik beratkan kisah yang dipeoleh secara langsung dari awal sampai akhir yang dilihat secara langsung dan melalui alat telekomunikasi baik media internet (Yahoo messenger, twitter, face book, friendster) atau  telephon.
1.      Gadis 88
         Sang play boy berjalan lewati lorong-lorong kesempatan dengan ucapan penebar seribu aroma pemikat. Hingga para wanita tak dapat menghelak dari ucapan semanis madu tersebut,
         Eo merupakan salah satu dari berbagai playboy disekolah, dimana lelaki yang masih menggunakan putih abu-abu tak pernah putus wanita dalam gandengannya. Hanya pertanyaan yang tertimbul dalam pikiran sahabat-sahabatnya kenapa ini ada pada Eo yang sebenarnya bukan itu kepribadiannya.
         Pertanyaan mulai berkembang dalam sebuah teka-teki serta membuka takbir kisah percintaan, beberapa tahun silam.  Airu gadis bertubuh tinggi berambut tidak terlalu panjang tersebut hidup dalam hati Eo yang masih benar-benar polos dalam percintaan. Seakan taman bunga yang selalu indah dengan bunga yang menghiasi seperti itu pula hati Eo ketika menjalin percintaan dengan Airu.
         Kisah yang begitu indah hancur sekejap ketika airu menjalin hubungan percintaan dengan kaka seorang sahabat baik disekolah serta di Star Band. Saat itu hanya isak tangis dalam diri yang tak mampu tercurah lewat muara suci dengan iringan ucapan kau tak mengerti siapa aku sabenernya dan akan kutunjukan aku mampu mendapatkan seratus wanita dalam satu tahun.
         Perjalanan sang playboy dimulai dengan menggait beberapa wanita dari tingkat SMP hingga fakultas. Kisah yang tertata rapi dihancurkan dengan peselingkuhan yang menjadikan Eo tak bisa melupakan sakit hatinya terhadap wanita. Hanya dalam tempo hitungan bulan ia membuang setiap gadis yang memberikan hatinya kepada Eo, berbagai tangisan diiringi cercaan terhadap Eo, dengan tersenyum ia pun menyambutnya.
         Kalender menujukan bulan yang berbeda dan tercatat dalam angka yang tersusun rapi 53 wanita telah masuk dalam jeratan sarang laba-laba dendam. Memandang dalam kaca sebutir permata keluar dari telaga berkata dalam sebuah pikiran salah atukah benar yang kulakukan , tapi masi 47 lagi yang harus terjerat dengan kepalsuan cintaku.
         Jeratan sang laba-laba kini tertuju pada gadis cantik keturunan yogya, bertutur kata selayaknya sang pencinta sejati menebarkan aroma keyakinan dalam hubungan, akhirnya dalam beberapa hari Rini pun bertukuk lutut terhadap Eo. Dengan setangkai mawar merah membuat hati gadis berambut khas susilk itu tersenyum bahagia.
         Kebahagian lewat setangkai mawar merah yang hanya hitungan minggu menghilang beriring kata aku mencintaimu namun waktu tak mengizinkannya. Dera air mata mengalir dengan gulirang isakan “kenapa Eo”, eo yang tak bias melihat wanita menangis akhirnya bercerita kenapa waktu tak mengizinkan itu semua karena janjinya dan masih 12 wanita lagi yang harus terjerat. Tangisan air mata Rini terhenti “apa,”.Eo hanya tertunduk. Rini melanjutkan ucapannya “ aku meyakini jika kamu sebenarnya sosok yang sangat baik bahkan kamu adalah sosok penjaga yang sempurna dalam hatiku. Namun …….” Rini terhenti perkataannya langsung berlari lewati hujan yang mengguyur pertengahan kota lampung tersebut.
         Malam yang begitu dingin bayangan Rini selalu tampak disetiap sudut rumah, senyum kemudian berubah tetesan air mata.  Mawar merah berduri yang hanya dalam tempo beberapa bulan membuat banjir darah hati wanita. Tak seperti pacar-pacar Eo yang lain, berbagai kenangan yang telah dia buat dengan Rini selalu membekas disetiap titik hatinya. Gelang yang bertuliskan ketulusan yang kubutuhkan itu membuat sayatan yang mendalam  dihati Eo sebenarnya.
         Hembusan angin di sudut kelas xii IPA1, Diki mendekati Eo dengan member satu pukulan terhadap Eo, “ ada apa, Dik”.
         “ gila kamu, Eo. Kamu tahu Rini kagak dia sepupu aku. Dan dia sekolah ke lampung setelah mendapati kehancuran di yogja “
         “ maksudnya”
         “ kau membuat dia hancur kembali.
         Eo hanya tertundu
         “ kamu sahabatku dan dia saudaraku, aku tak bisa berkata apa lagi terhadap kamu. Maaf eo aku memtuskan persahabatan dengan kamu”
         Eo tercengan dengan ucapan Diki saat tersebut .
         “ ini surat dari Rini” kemudian Diki berjalan menuju keruang kepala Sekolah.
         Dalam keheningan waktu Eo membuka surat Rini
        
         Dear : Eo
               
Ketika cinta bertaut dalam jiwa, terperangah dalam keputusan yang tak pernah terbayangkan. Sesaat permata bercucuran namun hitungan detik senyum kembali dalam hangat cinta yang kau berikan.
         Eo aku paham dengan apa yang kamu rasakan, saat Airu bermain cinta terhadap sahabatmu. Tapi salahkah setiap wanita dengan kejadian itu ?
         Eo aku sungguh yakin jiwa kamu bersih sesungguhnya, dan aku harap ketika kita bertemu lagi kamu sudah menjadi Eo yang dahulu sebelum ada janji dengang Airu.
         Kau pemberi warna dalam hidupku….
         Salam hangat di setia mawar merah yang kau beri.
        
         Rini
        
         Waktu seakan terhenti ketika membaca selembar surat bertulis dengan tinta hitam. Tak lama-lama dari kebekuan. Eo mengambil sepedah motornya menuju rumah Rini tapi watu yang mengehentikan langkah Eo ketika memandang Rini dan Diki menaiki mobil yang sama menuju Yogja. Permata yang telah lama tak jatuh itupun jatuh dengan sesal.
        
         Gadis bernomor 88 menjadikan petualangan sang playboy terhenti hingga masa SMA usai. Dengan harap dia lah cinta terahirnya. Dan Eo kini menuju Yogja mengejar Rini setelah masa SMA.
(kisah ini dituturkan oleh Diki Wicaksono Anak FKIP Unila )

2.      Pangeran dari Australia
         Menurut penelitian pengguna facebook di Negara Indonesia mendapatkan no urut ke 2 setelah Amerika Serikat. Dan disinilah aku bertemu sosok pangeran dari negeri australi.
         Laki-laki yang bertubuh tinggi, rambut naik keatas serta berkaca mata ini merupakan salah satu mahasiswa Kedokteran Jakarta, namun beberapa bulan yang lalu dia harus kembali ke negeri Kangguru untuk melanjutkan studynya.
         Anak kedua dari dua bersaudara pengusaha ternama menjadi sosok yang lembut namun menyimpan misteri dalam kehidupan. Ya memang terkadang sang pangeran terlihat wah namun cenderung penyendiri. Hanya beberapa sahabat yang ia miliki di negeri berlandaskan pancasila dan UUD 1945 ini.
         Ogh ya pangeran dari negeri  Australia ini sejak kecil diberinama nicki. Wajahnya yang putih bersih serta tubuhnya yang cukup atletis membuat para gadis disekitarnya bertukuk lutut dengan pesonanya,namun sayang Nicki tak pernah menghiraukan dengan hal demikian yang terpikirkan lulus dengan predikat terbaik.
         Sebuah kehidupan ada saatnya pasang surut, terkadang baik terkadang pula buruk. Berjam-jam nicki habiskan hari itu didepan sebuah layar dengan bertuliskan facebook. Cering masalah dan opini terkadang terlontar lewat beranda dan itu hanya demi pencarian sahabat yang pantas berada di dalam hatinya.
         Tertanggal 1 juli, nicki sebagai anak muda ingin menghabiskan liburannya disebuah daerah, namun sayang kedua orang tua nicki tak mengizinkannya. Nicki yang dianggap masih anak kecil itu tak bisa pergi sendiri tanpa ada orangtua, namun saat itu nicki pergi bersama teman-teman dan itupun  mereka sudah mengenalnya . sayang mereka tak menghiraukan pernyataan demikian hingga akhirnya nicki pun pergi dari rumah demi anggapan bahwa dia sekarang bukan ank kecil lagi.
         Perjalanan yang begitu indah dalam pikirannya ketika meninggalkan rumah, namun berbagai terjal harus dia hadapi disetiap sudut kota yang tak mengenal sahabat ataukah lawan. Berbagai pesona kehidupan jalan ia pandangi dengan seksama tanpa tersandar waktu telah berputar dengan cepat hingga cacing dalam perut menari-nari. Selembaran uang bergambar mawar ia keluarkan dari dompet berwarna coklat pekat, dan membayar nasi yang telah disantapnya kemudian ia melanjutkan perjalananya.
         Panasnya matahari membuat mata yang memiliki minus 2,5 seakan tak sanggup melangkahkan kaki hingga halte menyelamtakan suasana panas itu. Sesaat Nicki terdiam seorang lelaki yang sejak beberapa menit mengamatinya itu menegurnya “Nicki anak kedokteran khan”
         “ Ia” sahut Nicki yang tampak kelelahan
         “ tumben jalan, mana mobil serta body guard kamu”
         “ aku lagi pergi dari rumah”
         “emang bisa kamu hidup dikalangan bawah sedangkan kamu selalu hidup dalam dunia hayal kalangan bawah ini”
         “ mybee, oh ya siapa kamu”
         “ barry, anak piskologi”
         “ sepertinya aku tak kenal anak piskologi dech”
         “ mana mungkin kamu bisa kenal anak piskologi, kalau dikampus kamu hanya diam dan membaca buku di balkon “
         Nicki saat itu hanya tersenyum
         “ sebenarnya kita sejak SMA satu sekolah, namun sayang hanya satu tahun karena kamu harus kembali ke Australi 
         “Realy”
         “ realy, udah dulu ya aku harus buru-buru ganti dan ambil barang daganganku”
         “ maksudnya”
         “ aku penjual asongan sepeulang kuliah biasa buat bayar kuliah. Maaf dah dulu ya”
         Nicki saat itu hanya mampu menundukan kepala bertanda ia, serta terbesit dalam dirinya alangkah sombongnya dia yang tak pernah melihat siapa di sekitarnya bahkan tak pernah bersyukur dengan apa yang telah ada dalam dirinya.
         Perjalanan nicki semakin memberatkan ketika dia harus mengalami sakit, hanya selembar kerdus dia membaringkan badanya dengan kedinginan beriring wajah pucat. Setetes permata keluar dari wajah yang tampak kotor itu “mama, papa” berulang kali dia ucapkan hingga tak sadarkan diri.
         Kerumunan para pedagang asongan itu membuat bari mendatanginya, “ nicki ” .
         “ kamu kenal barr” ucap pedagang asongan
         “ia, dia temanku. Tolong bawa dia kerumahku saja ya.”
         Beberapa jam kemudia Nicki sadar, melihat barry beserta ibunya didepannya. “ bar, “
         “ dah nie minum dulu” ucap bari “ ini ibu aku, kenapa kamu kagak bilang kalau kamu pergi dari rumah kemaren benerana”
         Nicki sesaat terdiam
         Bari menganggukan kepalanya, “ ya udah tidur aja situ”
         Keesokan harinya demam nicki mulai turun, dan ia pun melangkah keluar dari tempat tidurnya, suasana yang ramah dalam kesederhanan serta tebaran kasih sayang keluarga membuat nicki menangis dalam hati “tak perna aku temukan dalam keluargaku seperti ini, hanya kesibukan yang selalu tampak di dalamnya”
         Beberapa hari di istana keluarga barry, nicki berkeinginan untuk menjadi penjual asongan. Awalnya keluarga barry tak mengizinkan namun nicki memaksa dan akhirnya ia pun mengizinkan. Dengan berdagang asongan nicki mencoba melanjtukan kuliah hingga satu semester.
         Pangeran dari Australia berhenti berkelana setelah mendengar mamahnya berada dirumah sakit,dan selalu menyebut nama dia.  Kembalinya nicki dari perjalanannya yang selama ini selalu diperhatikan keluarganya membuat bangga keluarganya. Dan tak menjadikan nicki sebagai ana yang masih kecil lagi.
         Setelah beberapa saat diruma akhirnya nicki sekeluarga kembali ke Negara Australia hanya lewat facebook.
(kisah ini dituturkan oleh NIcki )
3.      My MU 2007-2010
         Mungkin telah banyak kisah yang tampak dari raut wajah siswa-siswi MU antara 2007-2010 dari segi percintaaan, persahabatan, permusuhan bahkan penghinaan. Catatan hitam yang selalu menjadi saksi tinta diatas kertas putih membuat darma tersenyum dalam tangis mengingat memori 2007-2010.
         Tiga sahabat yang melangkah kian kompak saat MU sebelum 2007 kini semakin menjauh hanya lewat SMS atau email menyambung tali silaturahmi. Sarwi lelaki dengan tinggi 170 cm merupakan  atlit pencak silat serta memiliki daya pikiran yang luas dengan berbagai pesona lewat getaran langkah kaki dan merupakan ketua IPM MU sekitar tahun 2006. Diansya seorang anak petani yang cukup mapan memiliki tinggi sekitar 160 cm denga pesona senyum seribu bunga. Sedangkan Darma  anak lelaki dari 6 bersaudara memiliki pimikiran yang terkadang tak mampu dipikirkan oleh sahabat-sahabatnya dengan tinggi 170 cm.
         Persahabatn yang dilandasi suatu pandasi yang kuat ditunjuknya oleh Diansya, Sarwi, beserta Darma yang merupakan  kandidat ketua IPM sekitat tahun 2007.  Saat memandang pengumuman tersebut tiga sahabat kaget dan langsung tertawa terbahak-bahak “ kita jad kandidat IPM. Kagak salah” ucap Diansya . perlahan suara langkah kaki mendekati mereka , guru Komputer dan selaku Pembina IPM berkata “ ya kagak lah, karena di dalam diri kalian memiliki sesuatu yang patut dijadikan kandidat IPM.” . tak lama kemudian Sarwi berkata “ Kok bisa kami khan biasa-biasa aja pak”.
         Guru tersebut menanggapi pertanyaan sarwi dengan senyum “ Sarwi seorang pendiam memiliki semagat organisasi yang tinggi, diansya lembut ramah pinter , sedangkan Darma cara berpikir sederhana namun pas dalam pemecahan masalah bahkan terkadang pemikiran yang kalian meiliki belum sampai sedangkan darma sudah memilikinya. Namun intinya jika kalian bergabung dalam organisasi akan menjadi satu kesatuan yang sempurna”
         Darma hanya tersenyum dan menjawab “ nggak juga pak, masi ada kondidat yang lebih seperti Putra. Dia anaknya mandiri penuh semangat dalam kegiatan, ramah di iring kelembutan hati, pinter dan segudang kelebihan”
         “ ya, bener  banget karena itu kalian dipilih disini” pembicaraan itu terhenti ketika suara bel istirahat usai.
         Satu minggu masa kampanye telah usai dan pemilihan akhirnya tiba, kedudukan antara putra dan diansya unggul sedangkan Darma dan sarwi masih ketinggalan jauh tapi tak lama Sarwi mengejar hasil pemilih dari Putra dan darma pun tak kalah dengan Sarwi, akhirnya sekor tertinggi dimiliki Sarwi sedangkan sekor Darma selisih satu angka dengan Sarwi.
         Masa berorganisasi saat itu sangat member kesan mendalam dihati para pengurus IPM, bagaimana tidak tiga pemikir yang sangat di kagumi pada masa SMP itu menjadi satu .
         Perselisihan pun terjadi dimasa PSG dalam tiga sahabat, Diansyah yang lembut marah dengan Darma ketika melihat gadis yang selama ini ia dekati dimarahi ketua kelompok PSG yang mana saat itu dijabat Darma. Perselisihan dfarma dan Diansya Seperti anak kecil coba kalau kita piker ketika Darma meliha televise Diansya tak mau masuk diruang tersebut dan sebaliknya.  Bahkan perselisihan itu meyebar juga dipihak kelompok wanita.
         Selama setengah bulan kolpmpok PSG tersebut  tak saling bertegur sapa walau berjalan menuju kantor dengan  bersama-sama, hingga sarwi membuka rapat dimana membahas masalah perselisihan tersebutalahamdulillah saat itu kembali damai.tapi ternyata seusai PSG Diansya masih memilki dendam terhadap Darma walau duduk satu bangku tak saling bertegur bahan ketika mereka berjalan dalam mengikuti program sekolah bimbingan computer pun tak pernah mengeluarkan suara walau berjan berdua.
         Bangkai tak bakal lama kecium baunya walau diseimuti plastiki tebal, guru yang bertitel sarjana hukum itu mengetahui permasalah kami bahkan saat itu dia sangat tak percaya dimana tidak Darma dan Diansya yang ketika bimbingan Komputer selalu bersam bahkan satu tempat duduk kok bisa kagak saling bicara bahkan hampir berlangsung 6 bulan, dan itu yang membuat kami disidang kembali oleh BP MU 2007.
Bimbingan  yang dilakukan guru BP tersebut gagal, Darma dan Diansya masih tetap tak bertegur sapa. Hingga Sarwi mengalami sakit dan saat itu hati mereka mulai mencair dan berbicara walau hanya nati kerumah Sarwi bareng agar dia seneng aja setelah itu ya diam lagi.
Ya akhirnya masa yang ditunggu-tunggu tiba uji komptensi dan Ujian Nasional tiba, perasaan yang diawalai permusuhan itu musanah hilang tak membekas beriring kedewasaan mulai tumbuh dalam diri mereka dan mereka berpikir 3 bulan lagi masa bercengkramaentah ada lagi atau tidak dan itu.
MU di 2007 membuat benang yang hamper putus kembali kuat kembali dan tiga sahabat hingga 2010 tetap hidup dalam sahabat-sahabat MU 2007
        
Percintaan yang tertanam pada tahun 2008-2009 begitu banyak dalam catatan sang hitam, dari percintaan adik terhadak kakak kelas bahka fitnah dalam hal apakah dfia pacaran ma dia atau tidak serta cinta berderet dalam satu gadis di persahabatan sang dokter cinta.


        

        
           
        
        
        





        
        



        
        
               




         
         

1 komentar: